Berkenalan dengan Ruby on Rails


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/k0152185/public_html/wp-includes/functions.php on line 3839

Rails

Ruby on Rails adalah Web Framework yang dibuat dengan bahasa pemrograman Ruby, dikembangkan pertama kali oleh David Heinemeier Hansson pada tahun 2003. Rails juga open source tapi dengan lisensi MIT.

Rails menggunakan konsep MVC, singkatan dari Model View Controller, sehingga memudahkan programmer dalam melakukan manajemen codes.

Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman berorientasi object yang dibuat oleh Yukihiro Matsumoto (Matz) pada tahun 2000. Ruby dapat digunakan di berbagai sistem operasi Linux, MacOs, dan Windows, dikembangkan secara open source. Setiap orang boleh menggunakan Ruby secara gratis, dan juga bebas untuk menduplikat, mendistribusikan bahkan melakukan perubahan.

Alasan-alasan mengunakan Ruby on Rails

  • Dirancang untuk memudahkan programmer melakukan konfigurasi karena Ruby on Rails menggunakan prinsip “Convention Over Configuration”. Dengan prinsip ini programmer tidak usah terlalu repot untuk melakukan seting aplikasi seperti koneksi ke database, karena sudah ada mekanisme yang disediakan dan cukup mudah karena tinggal mengisi nama tipe server database yang digunakan (mysql/oracle/sql server/postgresql/et), mengatur nama database, username, password dan host.
  • Menggunakan prinsip “DRY (Do not Repet Yourself)”, yang intinya adalah efisiensi dalam manajemen codes.
  • Mempunyai komunitas yang besar, dengan 2500++ kontributor resmi dan 41.000++ gems / plugin yang dibuat. Gem / Plugin bisa dikatakan sebagai “external library” yang bisa dimasukan ke aplikasi. Dengan besarnya komunitas ini, maka programmer memiliki banyak pilihan solusi ketika menghadapai permasalah. Kemudian, dengan banyaknya gems / plugins tersebut, programmer dapat lebih menghemat waktu development lagi karena tidak usah selalu membuat aplikasi dari awal, tapi bisa memanfaatkan gems/plugins tersebut sesuai keperluan.

Website Lokal yang Menggunakan Rails

PHP vs Python (Django) vs Ruby (on Rails)

 

Sumber

http://www.belajarrubyonrails.com/2012/07/apa-itu-ruby-on-rails.html

https://blog.udemy.com/modern-language-wars/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *