[Tutorial Node.js Part 3] Instalasi IDE dan Plugin nodejs serta Basic Server


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/k0152185/public_html/wp-includes/functions.php on line 3853

untuk bahan – bahan yang harus di download yang akan kita install kembali ke tutorial nodejs part 1 : http://www.programming.smktarunabhakti.net/blog/2016/06/23/tutorial-node-js-part-1/

he..he.. kita anggaplah sudah kita install netbean 8.1 (versi yang saya gunakan adalah versi html5+javascript, tetapi jika ingin menggunakan yang versi All/complete silahkan 🙂 ).

untuk netbean versi window atau mac os biasanya kan sudah ada installer .exe atau .pkg (untuk mac osx) tinggal next next dan selesai, tetapi untuk versi linux yang kita download biasanya ber ekstensi netbean-versi-8-1.sh jangan lupa di rubah permission chmod nya menjadi chmod a+x (agar dapat di eksekusi sebagai installer).

install plugin

step selanjutnya browse ke file dengan ekstensi .nbm (file plugin netbean untuk nodejs)

pluginnbm

jika sudah selesai terinstall plugin baru Netbean secara otomatis akan restar IDE nya, dan setelah restart IDE tadi kita dapat mencoba untuk membuat project nodejs baru seperti tampak pada gambar berikut :

nodejsdi netbean

setelah memilih project html5/javascript->node.js Application kita klik button next dan finish untuk memulai ngoding dalam project nodejs.(pastikan anda menyimpan di tempat yang mudah di ingat 🙂 )

nodejsNetbean

secara default akan muncul 2 buah file (main.js dan package.json) di project nodejs ini seperti tampil pada gambar berikut :

Screenshot from 2016-06-28 17-24-16

untuk latihan kita coba edit file main.js dan kode program yang kita buat silahkan di running dengan menekan tombol play pada toolbar di netbean maka akan muncul di output.

 

tetapi pastikan dulu nodejs dan npm sudah terdeteksi oleh IDE netbean kita . ( dan sebagai tanda jika project kita ada yang miss adalah biasanya ada tanda seru pada folder project kita sebaliknya jika berjalan baik maka jika kita cek di tools->options->html/Js maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut). kecualli express belum kita install kosong tidak ada masalah.

 

Screenshot from 2016-06-28 18-17-05

Basic Server 

selanjutnya kita coba membuat basic server (membuat service seperti apache untuk php) kita buat di nodejs dengan port yang kita tentukan sendiri.

langkah pertama kita edit file main.js dan ketikkan kode seperti di bawah :

untuk res adalah variabel request yang di kirim melalui http browser
sedangkan res adalah variabel untuk menampung variabel(data) atau file
yang akan di munculkan di output browser dalam hal ini hanya memunculkan
teks “web service sederhana menggunakan nodejs dan IDE Netbeans”
res.writehead kita masukkan 200 dan content-type:text/plain (karena hanya teks bukan html) jika ingin memunculkan file html maka menjadi text/html.

200 adalah kode http untuk link http yang berjalan baik (ok).

sebagai referensi kode http message silahkan kunjungi link berikut :http://www.w3schools.com/tags/ref_httpmessages.asp
Screenshot from 2016-06-28 18-29-38

untuk memulai service silahkan tekan tombol play warna hijau yang ada di toolbar

buttonplaynetbean

atau alternative lain menjalankan service adalah klik kanan pada source main.js (file js yang akan di running) dan pilih run with nodejs

hasil akhir kita dapat lihat di output untuk sisi server (dalam console) berupa teks yang kita console.log, dan satu lagi output kita tampilkan di browser dengan membuka http url : localhost:1707

databrowsercekserversimple

sekian tutorial untuk tahap ini semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *